Handphone,Sains,Humor And Manymore (25 Des 2013 )

Coretan Dinding

To The Point
Masuk pembahasan, kurang paham "SILAHKAN TANYA"
About Me
Salam Persahabatan Untuk Teman Semua. "Keep" Spirit .

24/01/2014

Jika membicarakan tentang jati diri masyarakat indonesia pastilah tidak lepas dari yang nama nya BHINEKA TUNGGAL IKA, berbeda beda tetapi tetap satu juga. Memang bangsa indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak kebudayaan dan ke arifan lokal masing masing. Ini di sebabkan oleh luas nya wilayan Kesatuan Republik indonesia yang terbentang dari sabang sampai meruke, tidak dapt kita pungkiri jika indonesia mempunyai banyak suku bangsa agama yang berbeda beda, tatapi perbedaan itu semua tidak menjadi masalah, justru menjadikan bangsa indonesia kaya akan kebudayaan yang patut kita banggakan.
Akan tetapi dari situ juga banyak muncul pertentangan-pertentangan, salah satu nya  yang akan kita bahas adalah pertentangan mengenai perkembanagn Teknologi yang Sedang di kembangkan. mengenai teknologi yang pemerintah terapkan ke semua penjuru bangsa. tidak sedikit yang menentang akan kehadiran teknologi yang masuk tersebut, karena mereka mengangap teknologi tersebut akan mengikis kebudayaan yang mereka miliki. Karena tidak semua daerah mempunyai pengetahuan akan teknologi yang merata, sehingga mengakibatkan adanya pertentangan dari pihak yang kurang paham akan teknologi. Maka dari itu perlu di adakan sosialisasi mengenai perkembangan teknologi yang sesua dengan kebudayan daerah masing masing, sehingga tidak mengakibatkan perpecahan. Like or Dislike
Di tengah kesibukan untuk berlomba lomba untuk megembangkan ilmu teknologi terkadang kita lupa akan adat istiadat dan nilai nilai ke arifan local yang negara kita miliki, sehingga mengakibatkan teknologi yang kita ciptakan justru menjadi musuh kita sendiri, karena tidak semua masyarakat setuju dengan adanya teknologi baru yang di ciptakan, karena sebagian dari mereka, terutama masyrakat masyarakat yang masih kental kan akan budaya adat istiadat justru menilai kemajuan teknologi  sebagai pengikis ke budayaan, karena mereka menilai teknologi baru yang di kembangkan tidak sesuai dengan adat istiadat dan nilai –nilai kerarifan local.
Maka dari pengalaman itu kita sebagi calon generasi penerus bangsa, jika ingin mengembangkan atau menciptakan teknologi baru seharusnya kita menyesuaikan teknologi yang akan kita ciptakan apakah sesuai atau tidak dengan kebudayaan lokal kita, sehingga tidak terjadi konflik antara yang setuju dengan perkembagan teknologi yang akan kita ciptakan dengan yang tidak setuju. Sebenarnya jika kita cermati pastilah semua orang menginginkan perkembangan teknologi, akan tetapi tentu dengan perkembangan teknologi yang sesuai dengan kebudayaan kita. Akan lebih indah jika kita menciptakan tenologi baru sesuai dengan kebudayaan kita, dan semua lapisan masyarakat bisa menerima kehadiran teknologi baru yang kita ciptakan, karena dengan adanya teknologi baru akan mempermudah atau bahkan membantu kinerja manusia menjadi lebih cepat dan akurat.              
Jadi kesimpulan nya kembangkanlah teknologi secanggih mungkin, tapi jangan lupakan kebudayaan yang kita miliki, percuma kita mempunyai kemampuan teknologi canggih jika ternyata menghargai kebudayaan kita sendiri saja tidak bisa, justru bangsa lain akan ragu apakah benar teknologi yang kita ciptakan murni dari kita sendiri atau jiplakan dari bangasa lain, karena mereka menilai teknologi yang kita ciptakan justru mengandung kebudayaan bangsa lain bukan dari bangsa kita sendiiri. Maka ciptakanlah teknologi yang sesuai dengan kebudayaan kita dan masukan kebudayaan dalam setiap teknologi yang kita ciptakan, Itu sangat penting karena Kebudayaan  menjadikan identitas dari setiap teknologi yang kita kembangkan........
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment