Handphone,Sains,Humor And Manymore (25 Des 2013 )

Coretan Dinding

To The Point
Masuk pembahasan, kurang paham "SILAHKAN TANYA"
About Me
Salam Persahabatan Untuk Teman Semua. "Keep" Spirit .

31/01/2014

Ini adalah artikel yang menjelaskan istilah - istilah yang biasa dipakai oleh para programer halaman online untuk menghasilkan sebuah alamat identitas yang memudahkan para pengunjungnya untuk melakukan interaksi dengan sesama pengguna internet maupun hanya untuk mencari artikel-artikel yang dianggap penting, banyak faktor yang harus programer rencanakan dalam membangun suatu website,salah satunya dengan tampilan yang friendly. namun kali ini bukan itu yang akan admin bahas.
oke, mari kita simak penjelasan berikut ini: 
  1. Website
    Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering disingkat dengan istilah situs, adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai world wide web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.
    Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
    Sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.
  2. HTML
    HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh Tim Berners-lee
  3. cascading style sheet (css)
    Cascading Style Sheet (CSS) merupakan salah satu bahasa pemrograman web  untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. CSS dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya.CSS adalah bahasa style sheet yang digunakan untuk mengatur tampilan dokument. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda.
  4. Web Editor
    web editor merupakan software yang digunakan untuk membuat atau mengedit kode - kode halaman website. dengan kata lain web editor adalah tools untuk membuat website. contoh: notepad ++, adobe dreamweaver, dll
  5. Homepage
    homepage adalah halaman muka atau halaman utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet. homepage ini biasanya diisi oleh file index atau home
  6. http
    http adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. yang bisa diartikan sebagai kode yang dituliskan pada awal alamat yang menentukan metode protokol untuk menjelaskan pada program webbrowser bahwa protokol (antarmuka) yang digunakan adalah http
  7. Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : google dan lainnya.
    search engine ini biasanya disebut dengan mesin pencari yang banyak dipergunakan oleh pnegguna internet untuk menemukan informasi di internet.
  8. Disk Space
    Website : Kapasitas memuat data program dan isi kontent pada website
  9. konten website
    konten website adalah informasi yang berisi teks, gambar, video, radio, mp3, dll. yang ingin ditampilkan oleh pemilik website.
  10. web desaigner
    web desaigner adalah orang yang memiliki keahlian menciptakan konten presentasi (biasanya hypertext atau hypermedia) yang dikirimkan ke pengguna-akhir melalui World Wide Web, menggunakan Web browser atau perangkat lunak Web-enabled lain seperti televisi internet, Microblogging, RSS, dan sebagainya.
  11. web programer
    web programer adalah orang yang memiliki atau menguasai teknik bahasa pemrograman
  12. Nama domain
    nama domain adalah, nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.
    Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "mesinhosting.com". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Pada awalnya nama domain hanya dapat dituliskan dengan ke-26 abjad Latin, namun saat ini telah dimungkinkan untuk menggunakan abjad asing dengan Internasionalisasi nama domain. Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain ini.
  13. E-Commerce
    E-Commerce (Electronic Commerce) adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi perbankan elektronis di internet, baik Business to Business E-Commerce maupun Business to Costumer E-Commerce.
  14. web hosting
    web hosting adalah badan maupun perorangan yang memberikan penyediaan jasa penyewaan server untuk penyimpanan data yang diakses melalui nama domain internet.
  15. uptime
    uptime adalah jumlah waktu sebuah komputer hidup atau online diinternet
  16. E-mail
    E-mail :atau elektronic mail atau surat elektronik adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirimkan pesan dalam bentuk tulisan (ketik) atau gambar kepada user lain di dalam atau di luar jaringan komputer tersebut. User dapat pula menerima (receive e-mail), membalas (reply e-mail), dan meneruskan (forward e-mail) kepada user lain.
  17. FTP
    ftp adalah singkatan dari :file transfer protocol yang artinya adalah protokol (antarmuka) yang digunakan untuk men-transfer, mengirim atau menerima file dari internet.
  18. Database
    adalah aplikasi yang dipergunakan untuk menyimpan sederetan angka
  19. ISP
    isp atau internet service provider adalah lembaga/instansi/perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan penyedia jaringan internet
  20. script
    script adalah adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (php, Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage. 
mudah-mudahan para pembaca bisa lebih tahu tentang istilah - istilah programer yang admin jelaskan diatas. semoga bermanfaat.
salam hangat, salam kenal
By : zayacellrokanhulu.blogspot.com
Kategori: ,
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment