Handphone,Sains,Humor And Manymore (25 Des 2013 )

Coretan Dinding

To The Point
Masuk pembahasan, kurang paham "SILAHKAN TANYA"
About Me
Salam Persahabatan Untuk Teman Semua. "Keep" Spirit .

20/03/2014


Ketika anda melayani pelanggan dengan produk yang anda tawarkan, terkadang ada beberapa pelanggan yang merasa kecewa dengan produk anda. Entah karena produk anda mengalami kerusakan ataukah karena faktor yang lain. Menghadapi pelanggan yang sedang marah memang tidak mudah, dan anda perlu berhati-hati karena jika kekecewaan pelanggan kepada produk anda tidak bisa teratasi, maka bisa jadi hal itu menjadi bumerang bagi usaha yang sedang anda jalankan.
customer-complaint
Oleh karena, meminta maaf dengan tulus dan dengan memeberikan sebuah kompensasi atau tindak lanjut terhadap masalah yang sedang dialami oleh pelanggan anda adalah sebuah pilihan yang paling tepat. Jangan membuat pelanggan yang sedang marah menjadi bertambah marah. Namun, dengarkanlah dengn simpatik apa yang ia sampaikan dan kemudian carilah solusi yang paling tepat untuk meredakan kemarahannya tersebut.
Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika anda sedang menghadapi pelanggan yang marah agar kemarahannya bisa segera mereda, diantaranya adalah:
Dengarkan Keluhannya
Dengarkanlah dengan seksama apa yang ia katakan. Tunjukkan bahwa anda benar-benar meperhatikan maslahnya. Jangan pernah memotong pembicaraan ketika pelanggan dalam kondisi marah, biarkan ia mengatakan semuanya sampai selesai. Apabila anda bertatap muka dengan pelanggan yang sedang marah tersebut, lakukanlah kontak mata dan catatlah segala hal yang penting. Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar serius dalam menangangi masalah yang ia utarakan.
Tunjukkan Empati
Bersikaplah tulus kepada pelanggan yang sedang marah, sebab jika tidak maka anda akan dianggap sedang meremahkan dia, dan ini bisa membuat masalah menjadi semakin runyam. Tunjukkan empati anda, dan tujukkan bahwa anda mengerti kenapa pelanggan tersebut marah.
Kumpulkan Fakta
Ketika pelanggan sedang mengungkapakan kemarahannya, carilah fakta sebanyak-sebanyaknya terkait masalah yang ia hadapai. Informasi yang lebih detail ini akan memudahkan anda di dalam memecahkan masalah yang membuat pelanggan anda menjadi marah.
Berikan yang Terbaik
Berjanjilah kepada pelanggan yang sedang marah tersebut, bahwa anda akan memberikan solusi terbaik bagi permasalahnnya. Apabila ia menerima produk yang rusak misalnya, maka anda bisa menawarkan penggantian produk serupa dengan gratis.
Informasikan Langkah Anda
Ketika anda sedang menangani permasalah yang membuat pelanggana anda marah, maka informasikan kepada pelanggan langkah apa saja yang sudah anda ambil. Hal ini akan memberikan sinyal bahwa memang anda sedang menangani maslah tersebut. Beritahukan pula bahwa anda akan segera memberikan kabar dalam waktu yang sudah anda tentukan.
Kategori:
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment